Manajemen Mutu


Manajemen Mutu Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan Duta Ilmu (Nurika) adalah sistem pengelolaan pendidikan yang mengatur prosedur dan penerapan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Defenisi Manajemen Mutu Menurut Para Ahli

Manajemen Mutu adalah suatu sistem yang mengatur tentang prosedur dan praktek yang bertujuan menjamin kualitas suatu produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar.

Manajemen Mutu Menurut Pakar

Gaspersz (2002:10) berpendapat, “Suatu Sistem Manajemen Mutu merupakan sekumpulan prosedur terdokumentasi dan praktek-praktek standar untuk manajemen sistem yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan itu ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan atau organisasi”

Kualitas (Quality) - Manajemen Mutu Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan Duta Ilmu (Nurika)Mutu merupakan hal yang sangat penting dan menentukan dalam kesusksesan suatu lembaga dalam menghadapi persaingan didunia usaha. Oleh karenanya mutu harus benar-benar diperhatikan untuk mencapai tujuan maksimum dari kompetisi global saat ini.

Namun dalam karya lainnya Gaspersz (2008:266), beliau mengemukakan bahwa Manajemen Mutu ialah pendekatan manajemen sistematik yang berorientasi pada organisasi, pelanggan, dan pasar melalui kombinasi antara pencarian fakta praktis dan penyelesaian masalah, guna menciptakan peningkatan secara signifikan dalam kualitas, produktivitas, dan kinerja lain dari perusahaan.

Walau demikian, ternyata alat, teknik dan filosofi juga menjadi bagian terpenting dalam manajemen mutu. hal ini sesuai dengan kajian yang telah dilakukan oleh Purnama, beliau mengungkapkan:

Management Mutu ialah sistem terstruktur dengan serangkaian alat, teknik, dan filosofi yang didesain untuk menciptakan budaya perusahaan yang memiliki fokus terhadap konsumen, melibatkan partisipasi aktif para pekerja, dan perbaikan kualitas yang berkesinambungan yang menunjang tercapainya kepuasan konsumen secara total dan terus-menerus. Purnama (2006:51)

Tujuan Dasar Manajemen Mutu

Selanjutnya akan muncul anggapan “Mengapa dan seberapa pentingkah manajemen mutu itu?“; untuk menjawabnya, akan dijelaskan oleh ilmuan dibawah ini:

Gaspersz (2008:3): Setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi/pertandingan dalam dunia industri akan memberikan perhatian penuh terhadap mutu.

Nasution (2005:21): Hanya perusahaan yang dapat menghasilkan mutu barang atau jasa yang sesuai dengan tuntutan pelanggan dapat memenangkan persaingan tersebut.

Tjiptono dan Diana (2003:10): Cara terbaik agar dapat bersaing dan unggul dalam persaingan global yaitu dengan melakukan upaya/usaha perbaikan yang berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses, serta lingkungan, melalui penerapan manajemen mutu.

Terlibat dalam persaingan dan unggul merupakan tujuan mendasar dari sistem yang digerakkan melalui manajemen mutu.

Secara konsep, tujuan dari manajemen mutu adalah sebagai berikut:

Tujuan Manajemen Mutu

  1. Menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu; Kesesuaian antara kebutuhan dan persyaratan yang ditetapkan pada suatu standar tertentu terhadap proses dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan sangat penting.
  2. Memberikan kepuasan kepada konsumen melalui pemenuhan kebutuhan dan persyaratan proses dan produk yang ditentukan pelanggan dan organisasi; Keputusan pelanggan adalah reaksi emosional dan rasional positif pelanggan. Untuk mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan, segenap personil organisasi dituntut untuk memliki kompetensi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.

Komponen, Fokus Utama dan Prinsip Manajemen Mutu

quality management - Manajemen Mutu Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan Duta Ilmu (Nurika)Berdasarkan uraian-uraian sebelumnya, didapati bahwa mutu harus mengalami berbagai proses untuk mencapai harapan penggunanya, sehingga dibutuhkan pengendalian, penjaminan juga perbaikan secara berkala terhadap suatu produk.

Tentunya fokus utama dari sistem manajemen ini adalah mutu dan juga bagaimana cara mencapai suatu limit mutu dan untuk mencapai hal tersebut, haruslah didasarkan terhadap prinsip-prinsip khusus agar pencapainya tertinggi dapat dijangkau.

Komponen Manajemen Mutu:

  • Pengendalian Mutu
  • Jaminan Mutu
  • Perbaikan Mutu

Fokus Manajemen Mutu:

  • Mutu Produk
  • Cara Untuk Mencapainya

Prinsip Manajemen Mutu:

  • Fokus kepada Pelanggan
  • Kepemimpinan
  • Keterlibatan Masyarakat
  • Pendekatan Proses
  • Peningkatan
  • Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
  • Manajemen Hubungan

Manajemen Mutu Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan Duta Ilmu (Nurika)

Untuk menyediakan pendidikan yang bermutu tinggi, Quality Management System (QMS)/ Sistem Manajemen Mutu  Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan Duta Ilmu mempersiapkan dan menyediakan struktur organisasi, prosedur, proses, dan sumber daya yang dibutuhkan demi memastikan mutu dari layanan dan produk/ lulusan yang dihasilkan organisasi pendidikan menunjukkan keunggulan di lingkungan masyarakat dan pada pasar industri.

Manajemen Mutu Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan adalah sistem pengelolaan pendidikan yang mengatur prosedur dan penerapan proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Sertifikasi ISO 9001 Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan

Logo ISO 9001 - Manajemen Mutu Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan Duta Ilmu (Nurika)Logo ISO 9001 - Manajemen Mutu Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan Duta Ilmu (Nurika)

In progress…