Tips dan Trik Cara Terbaik Membangun Kepercayaan Diri

Membangun Kepercayaan Diri Dan Menjadi Pribadi Yang Baik

Al-Quran dan Sunnah Mengajarkan Tentang Tips dan Trik Cara Terbaik Membangun Kepercayaan Diri Agar Setiap Muslim Menjadi Pribadi Yang Baik

Menjadi pribadi yang disenangi banyak orang tentu akan membawa dampak yang baik buat kita bukan? Setiap orang punya cara-cara sendiri agar terlihat tampak menarik di hadapan orang banyak. Karena dengan begitu kita akan lebih menjadi menyenangkan. Membangun kepercayaan diri seseorang tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena banyak kiat yang harus dilakukan agar kita mampu menjadi lebih baik.

Tapi semuanya itu tentu didasari dengan sikap yang positif sehingga akan lebih mudah memahami prinsip dasar yang ada didalam diri kita. Kalau kepercayaan diri yang ada di dalam tentu kita tidak akan maksimal melakukan segala apapun yang kita kerjakan.

Berbicara lebih jauh tentang kepribadian, tentu keluarga adalah kunci utama bagi kita dan ini sangatlah penting sekali. Karena di dalam keluargalah kita dapat membentuk diri agar menjadi lebih baik. Dukungan keluarga sangatlah penting, mereka membawa dampak yang sangat besar bagi hidup kita, terutama orang tua yang kita miliki.

Kita menjadi seperti sekarang ini, karena kita memiliki solodaritas yang baik dengan keluarga inti kita. Secara langsung dan tidak langsung mereka adalah bagian pondasi yang kuat dalam pembentukan sikap kita.

Percaya Diri Dalam Islam Berdasarkan Dalil Al-Quran dan Hadits

Percaya diri dalam Islam merupakan indikasi bertaqwa dan beriman bagi seorang Muslim. Percaya diri menunjukkan bahwa seseorang: Mensyukuri nikmat Allah; Memiliki prasangka baik terhadap orang lain dan diri sendiri; Percaya dengan semua kekuasaan Allah.

Allah telah menciptakan manusia dengan kesempurnaan baik jiwa, fisik, akal dan hati (At-Tin:4 – Al-Isra’:70 – Az-Zariyat:21). Setiap manusia yang berserah diri kepada penciptanya (Islam) diajarkan untuk membersihkan jiwa, fisik, akal dan hati melalui ritual ibadah sehingga terbentuklah label beriman dan bertaqwa.

Firman Allah berikut ini menganjurkan Muslimin untuk percaya diri:

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.(QS. Ali Imran:139)

Dalam ayat diatas, Allah menganjurkan kepada Kaum Muslimin agar jangan merasa lemah dan jangan pula bersedih walau rasa malu, kekalahan dan duka menerpa. Dan jika anjuran tersebut ditaati dan dilaksanakan, maka Kaum Muslimin akan mendapatkan derajat yang sesungguhnya disisi Allah dan mendapat label “orang yang beriman”.

Dalam kisah Nabi Musa, diceritakan pula bahwa Nabi Musa tidak percaya diri dalam menghadapi Fir’aun, dan Allah mengilhamkan sebuah doa untuk diamalkan, yaitu:

Doa Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ اَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.(QS. Taha:27)

Begitu juga dalam kisah Nabi Ibrahim, setelah beliau menghancurkan hampir seluruh patung yang disembah oleh kaunnya, Nabi Ibrahim pun mendapatkan hukuman. Dalam menghadapi hukuman tersebut, doa berikut ini mampu menumbuhkan rasa percaya diri dan keyakinan akan pertolongan Allah:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Cukuplah Allah menjadi Penolong bagi kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung (QS. Ali Imran:173)

Rasulullah Muhammad S.A.W juga pernah mengucapkan doa:

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan apabila Engkau berkehendak, Engkau akan menjadikan kesusahan menjadi kemudahan. (Al-Hadits)

Segala sesuatu itu haruslah bersandar kepada Allah. Semakin dekat seseorang dengan penciptanya maka semakin bernilai kehidupannya disisi Allah dan makhluk lainnya.

Ada sebuah ungkapan bijak dari sahabat Rasulullah, bahwa nilai seseorang dilingkungannya adalah dari apa saja kemampuannya. Ungkapan ini mengajarkan kepada setiap manusia, bahwa setiap kekurangan pasti dimiliki manusia dan oleh karena itu dekatkanlah diri kepada Sang Pencipta agar manusia mendapatkan pertolonganNya. Dengan demikian apa-apa saja kekurangan yang dialami akan dilebihkan oleh Allah S.W.T.

قِيْمَةُ الْمَرْءِ مَا يُحْسِنُ

Harga seseorang adalah apa yang ia bisa. (Sayyidina Ali R.A)

Kadang Kala Ketidak Percayaan Diri Itu Muncul

Tips dan Trik Cara Terbaik Membangun Kepercayaan DiriMembangun kepercayaan diri agar menjadi lebih baik, tentunya sulit sekali digapai kalau saja Anda merasa bahwa hidup yang Anda punya datar atau biasa-biasa saja. Akan tetapi kalau saja Anda merasa bahwa hidup yang Anda miliki sangat berwarna, Anda akan paham dan terus menggali bentuk positif yang ada di dalam diri.

Memang tak dipungkiri kita semua mempunyai sifat yang tidak percaya diri kepada orang lain, apalagi ketika Anda merasa bahwa orang lain lebih baik dari kita. Akan tetapi jika kita melihat lebih dari sisi positif di dalam diri kita, rasa ketidakpercayaan diri itu akan sirna dengan cepat.

Banyak sekali faktor yang membuat kita tidak percaya diri, yang akhirnya membuat kita semakin tidak nyaman dengan semua itu. Sungguh sangat disayangkan sekali pada orang yang memiliki rasa seperti ini, bukankah kita diberikan kemampuan untuk menghilangkan rasa itu?

Tips dan Trik Cara Terbaik Membangun Kepercayaan Diri

Semua tentu jawabnya ada di dalam hati kita masing-masing. Jika Anda seorang yang tidak percaya diri, di bawah ini ada beberapa cara untuk membangun kepercayaan diri. Diantaranya adalah :

  1. Cobalah untuk tidak memikirkan kelemahan yang ada dalam diri Anda, karena akan membawa Anda selalu dalam tidak kepercayaan diri.
  2. Berfikirlah bahwa Anda mempunyai kepribadian yang menarik dan menyenangkan, karena dengan begitu Anda akan merasa mempunyai kepercayaan diri.
  3. Banyaklah bergaul dengan orang yang mempunyai rasa percaya diri, agar Anda akan memahami betapa baiknya mempunyai rasa percaya diri. Dengan begitu Anda tidak lagi memiliki rasa pesimis ataupun pemalu.
  4. Yang terpenting adalah jadilah orang yang penuh tanggung jawab bagi orang lain maupun diri Anda sendiri. Hal itu akan membentuk Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan secara otomatis juga Anda akan memiliki kepercayaan diri yang semakin baik di pandang oleh siapapun.

Ingatlah bahwa membangun kepercayaan diri itu sangatlah penting, kerena dengan inilah Anda akan melangkah sukses. Sangat penting sekali untuk ditumbuhkan baik dalam lingkungan maupun keluarga. Semakin Anda mempunyai kepercayaan diri, maka semakin baiklah Anda dipandang di masyarakat luas.

Kesimpulan:

Untuk membangun kepercayaan diri, dibutuhkan pemahaman bahwa setiap manusia diciptakan dengan sempurna, kelebihan dan kekurangan merupakan hal yang lumrah dan kemuliaan manusia diukur berdasarkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah.

Berikut ini adalah rangkuman dari :

12 Cara Ampuh Meningkatkan Percaya Diri Anda

  1. Ingat Tuhan Yang Maha Esa
  2. Perbaiki penampilan
  3. Hentikan pikiran negatif
  4. Identifikasi SATU kelebihan kunci Anda
  5. Baca buku
  6. Sapa orang yang baru dikenal
  7. Lakukan persiapan sebaik mungkin
  8. Terapkan teknik “Jika-Maka”
  9. Tetapkan sasaran kecil untuk meraih sasaran besar
  10. Bandingkan Anda dengan diri sendiri
  11. Bersyukur
  12. Berdoa sebelum memulai sesuatu

10 Cara Instan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

  1. Tersenyum
  2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda
  3. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda
  4. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain
  5. Tampillah Serapih Mungkin
  6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak
  7. Reka Ulang
  8. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya
  9. Bicaralah Perlahan
  10. Ikut Ambil Bagian

20 Langkah & Tips dan Trik Cara Terbaik Membangun Kepercayaan Diri

  1. Lupakan Standar yang Ditetapkan Orang Lain
  2. Tampillah Serapi Mungkin
  3. Merenungi Diri Sejenak
  4. Reka Ulang
  5. Menanamkan Sikap yang Baik
    • +Kenali pikiran negatif Anda
    • +Gantilah pikiran negatif dengan pikiran positif.
    • +Jangan biarkan pikiran negatif muncul lebih sering daripada pikiran positif.
    • +Miliki jaringan pendukung yang positif.
    • +Hilangkan apa pun yang dapat memunculkan pikiran negatif.
    • +Kenali bakat Anda.
    • +Banggalah kepada diri sendiri.
    • +Terimalah pujian dengan anggun.
    • +Tatap diri Anda di cermin dan tersenyumlah.
  6. Menangani Emosi
    • +Hadapi rasa takut dengan nyaman.
    • +Bersabarlah dengan diri sendiri.
    • +Usahakan menemukan keseimbangan.
    • +Berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
    • +Akui apa yang membuat Anda minder.
    • +Bangkitlah dari kesalahan.
    • +Hindari perfeksionisme.
    • +Belajarlah untuk bersyukur.
  7. Belajar Memperhatikan Diri Sendiri
    • +Perhatikan diri sendiri.
    • +Perhatikan penampilan.
    • +Olahraga teratur.
    • +Tidurlah yang cukup.
  8. Menentukan Tujuan dan Mengambil Risiko
    • +Tentukan tujuan yang kecil dan dapat dicapai.
    • +Sambutlah apa yang belum diketahui.
    • +Atasi apa yang Anda anggap sebagai kelemahan.
    • +Bantulah orang lain.
  9. Jangan takut memotivasi untuk melampaui batasan kemampuan fisik atau mental.
  10. Berinovasi
  11. Mengasah keahlian
  12. Keluarlah dari zona nyaman
  13. Hipnosis dan sugesti diri sendiri
  14. Berimajinasi tentang tujuan jangka panjang
  15. Kurangi stres.
  16. Lupakan kesalahan dan kejelekan yang pernah terjadi.
  17. Perbaiki setiap sisi diri secara terus menerus.
  18. Hindari melakukan kesalahan yang sama.
  19. Dekatkan diri kepada Allah
  20. Iman dan Taqwa

Yayasan Pendidikan Nurul Islam adalah salahsatu pusat terapi dan rehabilitasi bagi pelajar, remaja dan orang dewasa yang tidak memiliki/ kurang percaya diri.

Untuk membantu orangtua dalam melakukan pembinaan dan pembenahan intensif, Bengkel Hati Nurul Ihsan bersedia memberikan bantuan konseling dan terapi bagi anak, remaja dan orang dewasa.

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Bengkel Hati Nurul Ihsan
Jalan Raya Pulogebang No.99 Jakarta Timur Kodepos 13950

Phone: (021) 4803414

Email: bengkelhatinurulihsan@gmail.com/ bengkelhati7@gmail.com

Website: http://bengkelhati.nurulihsan.com

Tinggalkan Balasan