SCHOOL OF NURIKA GO GREEN, IT’S ABOUT GREEN………. DECH !

 

Sekolah merupakan lingkungan ke dua tempat anak berlatih dan menumbuhkan kepribadiaannya. Jadi sekolah bukan sekedar tempat untuk menuangkan ilmu pengetahuan ke otak murid, namun harus dapat mendidik dan membina kepribadian anak .Disamping itu sekolah berperan serta membimbing si anak dalam menyelesaikan dan menghadapi kesukaran hidup.

 

 

School of Nurika Go Green, All About Green dech……. !!

 

 

Lembaga Pendidikan SIT NURIKA merupakan sekolah yang berbudaya dan berwawasan lingkungan. Sebagai sekolah  yang berwawasan lingkungan, NURIKA menciptakan lingkungan sekolah yang asri dan bebas asap rokok. Dengan No Smoking Area. Penerapan bebas asap rokok di sekolah sudah cukup baik dikarenakan komunitas sekolah SIT NURIKA memahami arti dan tujuan yang di canangkan oleh sekolah.

 

Berbagai kegiatanpun telah dilaksanakan dalam rangka mengkampanyekan pola hidup hijau/Green Zone. NURIKA  melibatkan seluruh warga sekolah ( guru, staf dan  siswa ) baik itu dari tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Tingkat Lanjutan Atas untuk mendukung program yang mereka miliki yaitu ; NURIKA  G0 GREEN .

 

Mereka tidak hanya sekedar berkampanye. Tetapi justru mereka melakukan aksi dengan berbagai aktivitas yang bernuansa peduli lingkungan hidup. Mulai dari memberi penyuluhan penghijauan, penghijauan di lingkungan sekolah, mendaur ulang limbah menjadi sebuah produk, Outbond, kunjungan ke alam terbuka sampai bakti sosial. Sekolah pun menjadi semakin asri dengan taman dan kolam hias yang tersedia.

 

Selain sekolah yang berbudaya lingkungan , SIT NURIKA juga ingin mengembangkan siswa-siswinya menjadi ihsan,cerdas, terampil dan religius. Kegiatan yang bertemakan religius merupakan kegiatan rutin SIT NURIKA . Diantaranya yaitu : Pesantren Kilat, dan wisata rohani yan melibatkan seluruh siswa, guru, staf dan orang tua  siswa.

 

 

  • PERJALANAN SEJARAH

 

NURIKA  didirikan pada tanggal 9 Juni 1984, berlokasi di Jl Raya Pulogebang No.99 Cakung Jakarta Timur. TERDIRI DARI  Taman Kanak-Kanak/ Raudhatul Atfal ,  Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT), Sekolah Menengah Pertama Islam  Terpadu (SMP IT), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan program keahlian/kompetensi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Permesianan (TP), Teknik Instalasi Tenaga Listrik, (TITLK), Electro Audio Vidio, Akutansi, Sekretaris, Penjualan, Asuransi, Rekayasa Perangkat Lunak,dan Teknik Komputer Jaringan. serta SMA. Dan  pada tahun 2005/2006 alhamdulillah telah mengembangkan sayapnya ke Bekasi.

 

Selama  SIT NURIKA  telah berhasil mengkombinasikan cara berfikir terbaik dari nilai-nilai pendidikan Timur dan Barat di bidang pendidikan. Dengan Visi Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Ihsan, Cerdas, Taqwa, Kompetitif, Banyak Ilmu, Ahli Zikir, Ahli Pikir, Berjiwa entrepreneur, Ulama yang Umaro dan Umaro yang ulama, sehingga tercapai menghasilkan manusia global dan tanggap,terampil, tegar,beriman  dan manusiawi disesuaikan dengan waktu, tempat dan kebutuhannya.

 

Sedangkan misinya mempersiapkan peserta didik  melalui pembekalan pengetahuan dan kecakapan agar lulusan menjadi inovator dan motivator serta sebagai inspirasi di masyarakat, terutama di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan yang berkualitas,berkepribadian,dinamis,kreatif serta berdaya tahan terhadap pengaruh globalisasi, berakhlak mulia,cerdas, disiplin dan bertanggungjawab.

 

Disamping itu , budi pekerti dan pendidikan spiritual juga diporsikan dan disesuaikan dengan tujuan ekstrakurikuler serta disesuaikan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu  pencerdasan kehidupan bangsa yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan,  ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani,berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan yang tinggi.

 

 

  • SEKILAS NURIKA

 

  1. Taman Kanak-Kanak (TK)

 

Taman Kanak-Kanak/ Raudhatul Atfal  Nurul Ihsan merupakan pendidikan formal yang diterima oleh anak usia prasekolah, sebagai usaha untuk mengembangkan seluruh kepribadian anak dalam rangka menjembatani pendidikan sekolah.

 

Kegiatan belajar mengajar tidak lepas dari sistem pengajaran yang  direncanakan dan diracik setiap harinya. Dan bermaksud menuntut tumbuhnya rohani dan jasmani anak  sebelum ia memasuki Sekolah Dasar yang merupakan dasar perkembangan dari sikap, pengetahuan, ketrampilan, daya cipta, sosial, berbahasa, serta penyesuaian diri dengan lingkungan dengan kepala sekolah  Ulfah Nurhayati, S.PdI .

 

  1. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)

 

Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ihsan dengan kepala sekolah  Hari Budi Waluyo, SPd  dituntut untuk bisa mengembangkan sikap dan kemampuan serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk hidup dalam bermasyarakat serta mempersiapkan peserta didik yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti pendidikan lanjutan dan memahami benar bagaimana cara belajar yang menjadi cikal bakal pemikir, pencipta dan pemecah masalah, serta penyesuaian diri dengan lingkungan.

 

  1. Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT)

 

Nurmayanti, SE.I adalah Kepala SMP Islam Terpadu Nurul Ihsan Jakarta  dan Ibrohim, S.PdI Kepala SMP Islam Terpadu Nurul Ihsan Bekasi dituntut untuk mengembangkan sikap dan kemampuan serta memberikan pengetahuan dan keterampilan lanjutan yang diperlukan untuk hidup dalam masyarakat.

 

Program-program pendidikan yang diberikan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)  serta kegiatan lain yang dapat menunjang kurikulum tersebut agar peserta didik kedepan setelah menyelesaikan studi akan memiliki kemampuan yang optimal di bidang akademis maupun non akademis.

 

 

  1. Sekolah Menengah Atas Islam terpadu (SMA IT)

 

Kepala  Sekolah SMA Sapta Kharisma  Ahmad Mulyadi, MA, diharapkan pendidikan  ini bias digunakan  untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan mengadakan interaksi timbal balik  dengan lingkungan social budaya dan alam sekitarnya. Serta dituntut dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau pendidikan tinggi.

 

 

  1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

 

Sekolah Menengah Kejuruan IPTEK Jakarta dengan Kepala Sekolah  Moch. Lutfi Anwar Muhajir, S.PdI bertujuan melaksanakan komitmen sosial dengan memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk belajar dan menuntut ilmu dengan baik agar menghasilkan tenaga-tenaga muda yang memiliki ketrampilan untuk mengelola dan mengembangkan IPTEK dan berwirausaha  sesuai dengan bidangnya masing-masing.

 

 

Dalam rangka mencapai tujuan Visi ,  misinya Nurika memberikan fasilitas yang sangat memadai  untuk menunjang proses belajar mengajar, diantaranya :

 

  1. Ruang belajar nyaman dan full AC
  2. Lab.Komputer dengan fasilitas yang lengkap (Line)
  3. Lab. Bahasa dilengkapi dengan peralatan modern
  4. Lab. IPA (Fisika,Kimia dan Biologi)
  5. Lab. Matematika
  6. Memiliki workshop dan tempat praktek yang kondusif
  7. Memiliki perpustakaan yang lengkap dan digital
  8. Memiliki sarana olahraga yang terdiri dari basket,volley, tennis meja, catur, fitness, silat, dll.
  9. Memiliki Bursa Kerja Khusus  (BKK)
  10. Memiliki Balai Latihan Kerja  (BLK)
  11. Kurikulum yang digunakn Kurikulum Iptek dan Imtaq  serta KBM menggunakan system KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi ), dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.
  12. Staf pengajar yang professional, bergelar sarjana dari berbagai perguruan tinggi ternama didalam negeri.
  13. Keunggulan berbahasa asing  adalah bahasa Inggris, Arab dan Jepang
  14. On Job Training dan PSG (Mitra Kerja) pada perusahaan- perusahaan terkemuka di Jabotabek dan sekitarnya. Dan diberikan pembinaan dari perusahaan-perusahaan tersebut dengan eksekutif-eksekutif muda yang berpengalaman dibidangnya selama satu tahun (12 bulan) .

 

 

  • Learning by doing, don’t do by rote learning

 

Alasan yang membedakan SIT Nurika dari kelas 10 sampai 12 adalah ; Kurikulum dikembangkan untuk memenuhi tuntunan kreativitas siswa; Kecerdasan emosional sangat di libatkan dalam prose pembelajaran

Student centered learning; Tenaga yang edukatif yang berupaya selalu mengembangkan diri ; Media pembelajaran yang efektif menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ; Adanya program-program ketrampilan , seperti Bahasa Arab, Jepang, Bahasa Inggris, Home Industri dan lain-lain.

 

Dapat dijabarkan bahwa Nurika berorientasi mengembangkan character building, leadership, dan kemandirian para peserta didik secara individu atau kelompok melalui berbagai aktifitas dengan metode belajar problem solving dari berbagai ketrampilan penting seperti ketaqwaan beragama, musik, olah raga, bahasa, seni, dan keterampilan lain yang dilakukan melalui pengalaman langsung learning by doing, bukan melalui hafalan doing by rote learning, agar peserta didik memiliki keterampilan optimal.

 

Selain itu peserta didik juga dibiasakan bisa memecahkan masalah, analisis dan bereksplorasi agar mereka lebih mandiri dan kritis. Disamping itu Nurika juga menerapkan kurikulum nasional plus yang akan disajikan kepada peserta didik antara lain : Bahasa Indonesia dan Baahasa Inggris, peserta didik diberikan kesempatan untuk dapat mengungkapakan pikiran melalui bacaan serta pemahaman ditambah dengan pengayaan dan remedial sehingga memeiliki kemampuan menggunakan bilingual (dua bahasa).

 

Matematika Aplikasi, Agama motif Amal, IPA Penerapan dan Bidang-bidang kejuruan lainnya.

 

Untuk Matematika, peserta didik dituntut untuk dapat memahami setiap teori melalui aplikasi dalam kehidupan sehari-hari pada lingkungan siswa serta dibantu dengan alat peraga sebagai penunjang, diperkaya dengan praktek dan latihan-latihan kongkrit tentang matematika.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti bertujuan untuk menumbuhkan iman peserta didik sebagai motif amal dan ibadah dan mengarahkan akhlak sebagai wujud kepribadian dalam perilaku di keluarga, sekolah dan masyarakat secara sadar dan bertanggung jawab.

 

Dibidang Ilmu Pengetahuan Alam, peserta didik dituntut untuk mengenal dan mengetahui lingkungan dimana mereka tinggal atau objek tertentu. Pemahamannya dikembangkan melalui studi lapangan (pengamatan langsung) dan berbagai eksperimen dengan menggunakan instrument atau media IPA.Sedangkan untuk Ilmu Pengetahuan Sosial , peserta didik bisa belajar memahami lingkungan sosial dan ekonomi dengan menggunakan berbagai sumber belajar,termasuk nara sumber dan kunjungan langsung ke berbagai obyek.

 

Untuk Bidang –bidang kejuruan , peserta didik dituntut untuk dapat  terampil, produktif dan berkualitas dalam mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bidangnya. Dengan fasilitas yang sangat memadai dalam menunjang proses pembelajaran.

 

Mengenai Olah raga , dalam kegiatan ini , peserta didik akan melakukan berbagai macam aktifitas motorik yang dibimbing langsung oleh guru olah raga, kepanduan dan instruktur out-bound, gymnastics yang berpengalaman.

 

Bahkan dibidang Kesenian dan Keterampilan, peserta didik diperkenalkan aneka ragam teknik elektro, ajang kreativitas , gelar pustaka, penghijauan ( daur ulang, composting, planting), musik dan proses pembuatan jenis-jenis kerajinan dan seni dalam upaya meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak, serta ikut bertanggungjawab terhadap lingkungan.

 

Sedangkan untuk muatan lokal, peserta didik diberikan pelajaran kemaknaan bahasa, bahasa Inggris, bahasa lain, bahasa daerah, komputer, teknik membaca Al-Qur’an, flora dan fauna, remedial, pengayaan diintegrasikan dari beberapa mata pelajaran .

 

Guna mencapai target yang optimal dari kegiatan tersebut, TK,SD,SMP,SMA dan SMK, Nurika memiliki tenaga pengajar dan staf yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing yang mengerti dan menerapkan teknik dan strategi pembelajaran , serta memahami teori-teori belajar untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.

 

 

  • SIT NURIKA Menuju Sekolah Nasional Berstandar Internasional.

 

Sit Nurika, selama ini telah berhasil dalam menciptakan alumni yang mampu bersaing untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Bagi siswa yang tidak mampu untuk melanjutkan  sekolah ke jenjang Perguruan Tinggi, mereka telah disalurkan bekerja di perusahaan yang ada di Jabotabek dan disekitarnya oleh Bursa Kerja Khusus (BKK) yang dimiliki oleh Lembaga Nurika sesuai dengan bidangnya.

 

Di tahun ini dan kedepan, SIT Nurika sedang mempersiapkan beberapa program unggulan  untuk sekolah sesuai dengan visi dan misinya. Disamping itu kita juga sedang menuju Sekolah Nasional Berstandard Internasional, untuk itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak sehingga apa yang kita cita-citakan bisa tercapai. Mas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan